Jangan Risau, Ini Cara Mengobati Herpes Genital

Seseorang yang terjangkit penyakit herpes genital sering banyak disembunyikan. Pasalnya, ia timbul di area tubuh yang dianggap tabu, yaitu sekitar kelamin. Sehingga banyak orang yang lebih memilih untuk membiarkan penyakit herpes genital tumbuh tanpa memberitahu kepada orang-orang disekitarnya, bahkan untuk pergi ke dokter pun enggan karena malu. Padahal penyakit ini cukup membahayakan jika dibiarkan. Maka langkah terbaik adalah dengan cara mengobati herpes genital dengan pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang intensif dan efektif. Karena jika tidak diobati selain berbahaya bagi diri sendiri juga berbahaya bagi orang lain. 

Bagi diri sendiri bahayanya adalah dapat membuat penyakit semakin ganas membuat kelamin terasa sangat gatal sekali. Lalu jika timbul luka karena sering digaruk dapat berpotensi membuat kelamin terserang infeksi. Tidak bisa dibayangkan, kalau kamu misalnya terkena penyakit ini, jangan sampai deh tidak berobat dan menyesal di kemudian hari. Lalu berbahayanya bagi orang lain adalah penyakit ini dapat mudah menular. Penularannya dapat melalui hubungan seks yang berlebihan seperti gonta-ganti pasangan, oral seks, dan anal seks. Jika kamu punya pasangan, jangan sampai penyakit ini menular pada orang-orang yang kamu sayang. Maka jika terkena penyakit ini hilangkan gengsi, katakana kepada orang-orang yang kamu percaya untuk mendapatkan saran pengobatan. Berikut adalah penjelasan lebih lanjutnya tentang cara mengobati herpes genital.

Image result for garuk kelamin

Liputan6.com

1. Jangan Risau, Kamu Harus Tahu Penyebab

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, gonta-ganti pasangan, oral seks, dan anal seks membuat herpes genital muncul. Hal itu disebabkan oleh virus HSV. Penyebarannya sejauh ini dipastikan melalui cairan yang ada di kelamin. Selain itu, diduga penularan juga dapat terjadi melalui ludah, dan luka dari kontak langsung dengan orang lain. Meski tidak merasa merasakan gejalanya, bukan berarti kamu bisa melakukan hal-hal yang menyebabkan di atas, namun kamu harus tetap waspada karena herpes genital dalam beberapa kasus tidak menunjukkan gejalanya. 

Dikutip dari alodokter.com, jika sudah terkena, HSV akan bersarang di tubuh seseorang selama bertahun-tahun. Jika sudah terinveksi, suatu saat penyakit akan kambuh jika kondisi tubuh sedang melemah. Inilah yang memicu aktifnya HSV. Maka kamu harus jaga kesehatan, jangan sering-sering melakukan aktivitas yang membuatmu sangat kelelahan. Kamu harus tahu kalau HSV tidak dapat menular di luar tubuh manusia. Jadi jangan buru-buru panik jika penyakit ini misalnya tiba-tiba menjangkitimu. Tetap tenang disamping itu berkonsultasi ke dokter. 

2. Ini Ciri-Ciri Herpes Geital

Ciri-ciri yang mudah diamati dari penyakit membahayakan ini adalah kelamin dan bokong terasa gatal hingga nyeri. Gatal tersebut biasanya ditandai dengan adanya tonjolan berwarna merah. Tonjolan itu akan menyebabkan bekas luka kalau pecah. Ciri lainnya yang dapat diamati adalah munculnya tonjolan pada kelenjar betah gening di selangkangan. Efeknya biasanya sakit kepala hingga demam.

3. Segera BerobatYang paling tepat cara mengobati herpes genital adalah dengan berkonsultasi kepada dokter.

Kesehatan

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*