Teh Hijau dan “Paradoks Asia”

Dari semua klaim kontroversial tentang manfaat kesehatan teh hijau, yang paling menarik skeptis adalah klaim bahwa itu bisa menjadi obat untuk kanker. Meskipun hampir pasti bukan obatnya, namun, banyak penelitian tampaknya menunjukkan bahwa minum teh hijau seumur hidup ternyata mengurangi risiko kanker di kemudian hari.

Sepotong bukti terbesar yang mendukung teori ini dikenal sebagai ‘paradoks Asia’. Paradoks Asia, menurut para peneliti di Yale, adalah bahwa Asia memiliki tingkat merokok yang sangat tinggi, namun tingkat kankernya lebih rendah daripada Eropa atau Amerika. Para peneliti percaya bahwa perbedaan antara tempat-tempat itu terletak pada konsumsi teh hijau dalam jumlah besar di Asia (rata-rata lebih dari satu liter sehari).

Penelitian lain telah mendukung pandangan ini: satu penelitian membandingkan orang tua Jepang yang minum teh hijau dengan yang tidak menemukan bahwa peminum teh hijau cenderung hidup beberapa tahun lebih lama. Studi di Murcia University di Spanyol menemukan bahwa bahan kimia dalam teh hijau yang disebut EGCG sangat mirip dengan obat kanker methotrexate, dalam arti ia membunuh sel kanker dengan cara yang sama. Ini adalah beberapa penelitian yang paling menggembirakan, karena metotreksat adalah obat dengan banyak efek samping yang tidak menyenangkan, dan menggantinya dengan teh hijau dapat bekerja dengan sangat baik.

Namun, tandingan malang untuk semua ini adalah bahwa jumlah yang sangat besar teh hijau sebenarnya telah ditemukan menyebabkan kanker pada tikus percobaan, menunjukkan bahwa terlalu banyak teh hijau dapat lebih buruk bagi Anda daripada tidak sama sekali – mungkin efek yang mirip dengan yang ada anggur merah memiliki. Keadaan penelitian secara keseluruhan tidak dapat disimpulkan, karena beberapa perusahaan obat tertarik untuk mendanai studi tentang sesuatu yang dipandang sebagai obat ‘alternatif’, pengujian diserahkan kepada universitas yang tertarik tetapi kurang dana. Semoga, selama beberapa dekade ke depan, akan ada lebih banyak minat dalam menyelidiki manfaat kesehatan dari teh hijau, dan akhirnya kita akan mendapatkan jawaban kita.

Obat-obatan

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*